Rabu, 21 November 2012

sejarah perkembangan teknologi


1.   Latar Belakang
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem untuk memecahkan masalah. Kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Menurut B.J. Habiebie, ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi, terutama teknologi industri, yaitu : pesawat terbang, maritim dan perkapalan, alat transportasi, elektronika dan komunikasi, energi, rekayasa, alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan pertahanan dan keamanan.

2.PEMBAHASAN
(BEBERAPA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENTING)

Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari Ilmu Alamiah dan ilmu terapannya berupa teknologi dalam berbagai bidang. Ilmu Alamiah murni memang tidak berperan langsung terhadap kehidupan manusia tetapi antara ilmu murni dan ilmu terapan (teknologi) mempunyai hubungan yang erat. Dari kosep ilmu murni dapat dikembangkan menjadi ilmu terapan. Sebaliknya, teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan penemuan penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru dan seterusnya.

* Pengertian dan asal mula teknologi.
Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. pada zaman duhulu, manusia memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.Teknologi berasal dari kata“techne” yang berarti “cara”  dan “logos” yang berarti “pengetahuan”. Jadi secara harfiah, teknologi dapat diartikan sebagai “pengetahuan tentang cara”. Yang dimaksud disini ialah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal pikiran dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat dan membuat kehidupan manusia lebih mudah untuk dilalui.
Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) arti teknologi ialah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Secara umum, dia mengartikan teknologi sebagai berikut:
-         Proses yang meningkatkan nilai tambah.
-         Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja.
-         Merupakan struktur atau system dimana proses dan produk itu dikembangkan untuk digunakan dalam kehidupan.
Iskandar Alisyahbana , merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga memperpanjang, memperkuat, dan membuat kehidupan lebih mudah untuk dijalani. Menurutnya, Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera.

#* Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi
       Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan  cara  penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan  istilah Teknologi  Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak  bermakna di dinding-dinding,  peletakkan tonggak sejarah dalam  bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia  arus informasi yang  kemudian dikenal dengan nama INTERNET.
Informasi yang  disampaikan  pun berkembang. Dari sekedar menggambarkan keadaan sampai taktik  bertempur.

*Masa Pra-Sejarah (...s/d 3000 SM)
 Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan  manusia pada masa  itu berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan  bentuk-bentuk yang mereka kenal,  mereka menggambarkan informasi  yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua,  tentang berburu  dan binatang buruannya. Pada masa itu mereka mulai melakukan  pengidentifikasian  benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan  mewakilinya  dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua  tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa  hanya berkisar  pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai  bentuk awal komunikasi  mereka pada masa itu.

*Masa Pra-Sejarah (...s/d 3000 SM)
Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya  alat-alat  yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang,  terompet yang terbuat dari  tanduk binatang, isyarat asap sebagai  alat pemberi peringatan terhadap  bahaya.

*Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Pada masa itu Teknologi Informasi belum menjadi teknologi  masal  seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi  masih digunakan oleh  kalangan-kalangan terbatas saja, digunakan  pada saat-saat khusus, dan mahal!

è 3000  SM
Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh  bangsa  sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf  sebagai huruf.
Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk  bunyi yang  berbeda(penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat  dan bahasa.
è2900 SM
Penggunakan Huruf  Hierogliph  pada bangsa Mesir Kuno.
Hierogliph merupakan bahasa  simbol dimana setiap  ungkapan di wakili oleh simbol yang berbeda,  yang ketifka digabungkan menjadi  satu akan mempunyai cara pengucapan  dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan  bahasa hierogliph ini  lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa  Sumeria.

è 500  SM
Serat Papyrus digunakan sebagai  kertas
Kertas yang  terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar  sungai  Nil ini menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan  fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya  digunakan  sebagai media informasi.

è 105  M
Bangsa Cina menemukan  Kertas
Kertas yang ditemukan  oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas  yang kita kenal sekarang,  kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan,  disaring,dicuci  kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga  memungkinkan  sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang  ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang  dengan sistem  Cap.

*Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
è Tahun 1455
 Mesin Cetak  yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang bisa diganti-ganti  dalam  bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama  kalinya oleh  Johann Gutenberg.

è Tahun 1830
 Augusta Lady Byron Menulis program  komputer yang pertama didunia berkerjasama dengan Charles Babbage  menggunakan  mesin Analytical-nya. Yang didesain mampu memasukan  data, mengolah data dan  menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah  kartu. Mesin ini dikenal sebagai  bentuk komputer digital yang  pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat  mekanis daripada  bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama  ENIAC  I dibentuk.
è Tahun 1837
 Samuel Morse  mengembangkan  Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William  Cook dan Sir Charles  Wheatstone yang dikirim secara elektronik  antara 2 tempat yang berjauhan melalui  kabel yang menghubungkan  kedua tempat tersebut. Pengiriman dan Penerimaan  Informasi ini  mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan  waktunya.  Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan  secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.

è Tahun 1899
Dipergunakan sistem penyimpanan  dalam Tape  (pita) Magnetis yang pertama.

è Tahun 1923
Zvorkyn  menciptakan tabung  TV yang pertama.

è Tahun 1940
Dimulainya  pengembangan Ilmu  Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa  Perang Dunia 2 yang dipergunakan  untuk kepentingan pengiriman  dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang  disimpan dalam bentuk  magnetic tape.

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
è Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan  sistem pengkodean  menggunakan Hypertext.

è Tahun 1946
 Komputer  digital pertama didunia  ENIAC I dikembangkan.

è Tahun  1948
Para peneliti di  Bell Telephone mengembangkan Transistor.

*Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
è Tahun 1957
 Jean Hoerni  mengembangkan  transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan  jutaan bahkan  milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping  kecil kristal silikon.
USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan  sputnik sebagai satelit bumi buatan yang  pertama yang bertugas  sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk  Advance  Research Projects Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan  Amerika untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi  dalam  bidang Militer.
è Tahun 1962
Rand Paul  Barand, dari  perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu  sistem jaringan  desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem  pemboman dan peluncuran peluru  kendali dalam perang Nuklir.
è Tahun  1969
Sistem jaringan yang  pertama dibentuk dengan menghubungkan  4 nodes (titik), antara University of  California, SRI (Stanford),  University California of Santa Barbara, dan  University of Utah.dengan  kekuatan 50Kbps.

è Tahun 1972
Ray Tomlinson  menciptakan  program e-mail yang pertama.




è Tahun 1973 – 1990
Istilah INTERNET diperkenalkan  dalam  sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan  sebuah protokol  jaringan yang kemudian difkenal dengan nama TCP/IP  yang dikembangkan oleh grup  dari DARPA, 1981 National Science  Foundation mengembangkan Backbone yang disebut  CSNET dengan kapasitas  56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.  kemudian pada  tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai  alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.

è Tahun 1991- Sekarang
 Sistem  bisnis  dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam  menanggulangi biaya  operasionalnya memungut bayaran dari para  anggotanya. 1992 pembentukan komunitas  Internet, dan diperkenalkannya  istilah World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF  membentuk InterNIC  untuk menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut  direktori  dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), Jasa Registrasi  (oleh Network Solution Inc,), dan jasa Informasi (oleh General  Atomics/CERFnet),1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat  cepat dan mulai  merambah kedalam segala segi kehidupan manusia  dan menjadi bagian yang tidak  dapat dipisahkan dari manusia. 1995.
Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi  provider dengan membeli  jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan  Teknologi  Informasi khususnya Internet dan penelitian-penelitian untuk  mengembangkan  sistem dan alat yang lebih canggih.
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dari masa ke masa mulai dari masa Prasejarah sampai saat ini semakin berkembang pesat. Perkembangan teknologi tersebut telah menciptakan suatu revolusi yang disebut dengan revolusi informasi. perkembangan informasi dunia sekarang terikat menjadi satu oleh sistem elektronik yang menyalurkan berita dan data dengan kecepatan cahaya ke seluruh dunia.







I. BIOTEKNOLOGI

Dalam rangka memenuhi dan meningkatkan mutu kebutuhan hidup, manusia memanfaatkan biologi terapan yang digabungkan dengan teknologi moderen sehingga tercipta ilmu baru yang dikenal dengan Bioteknologi atau juga sering disebut Biomasadepan. Dalam perkembangannya lebih lanjut muncullah bioteknologi kedokteran, bioteknologi farmasi, bioteknologi pertanian, bioteknologi perternakan dan sebagainya.
Beberapa ahli membagi batasaan bioteknologi sebagai berikut :
Kegiatan yang menitikberatkan pemanfaatan aktivitas biologi dalam lingkup teknologi proses dan produksi secara besar-besaran dalam industri
Pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dan kerekayasaan tehadap jasad, sistem atau proses biologi untuk memproduksi benda hidup, benda mati dan jasa bagi kehidupan manusia

A. Bioteknologi Kedokteran
1) Sinar-X
Manfaat sinar-X dalam dunia kedokteran adalah digunakan untuk foto rontgen organ tubuh manusia seperti paru-paru, tulang, lambung, dll.

2) Sinar laser
Manfaat sinar laser dalam dunia kedokteran adalah digunakan dalam operasi alat-alat dalam tunuh manusia.


3) Sinar Radioaktif
Manfaat sinar-X dalam dunia kedokteran adalah digunakan untuk menyucihamakan alat alat kedokteran seperti suntikan, pisau dan gunting bedah. Dalam genetika kedokteran sinar radioaktif digunakan sebagai alat untuk mengatur dampak kelemahan untuk diperbaiki,dan sebagainya.

4) Bank Sperma dan Bayi Tabung
Bank sperma beku dan bayi tabung secara ilmiah telah banyak dilakukan dinegara yang menganut paham kebebasan dan cara seperti ini sering dilakukan oleh seorang wanita yang mengkehendaki anak diluar pernikahan atau sebuah keluaga yang telah lama menikah namun belum dikaruniai anak. Sperma dipakai untuk membuahi sel telur, jika pembuahan telah terjadi dalam tabung maka zigot ditanam kembali kedalam rahim sang ibu.

5) Pencangkokan Alat-alat Tubuh
Pencangkokan alat-alat tubuh yang dalam keadaan biasa akan selalu ditolak karna hal tersebut merupakan benda asing bagi pasien namun melalui bioteknologi dengan perantara gen maka pencangkokan dapat dilaksanakan dengan baik. Alat-alat tubuh yang bisa dicangkok adalah ginjal, kelenjar hati, kelenjar pulau langerhans pada pengkreas.

6) Rekayasa Genetika
Dengan rekayasa genetika dapat diciptakan vaksin yang dapat menghasilkan immuglobin (zat kebal) terhadap beberapa penyakit seperti hepatitis, kanker hati, dan lepra. Dengan rekayasa genetika juga paraahli dapat menciptakan vaksin untuk penyakit hemifili, yaitu penyakit keturunan yang mengakibatkan darah penderita sukar membeku.

B. Bioteknologi Farmasi
Dalam memerangi penyakit-penyakit yang disebakan oleh antigen atau bibit penyakit yang digunakan berbagai macam obat, yang pada zaman dahulu berupa ramuan beberapa macam tumbuhan yang berupa sari atau ekstrak. Tetapi pada zaman sekarang sesuai dengan kemajuan teknologi maka dibuat zat sintetis dan pada saat mutakhir, melalui biologi melekular dan rekayasa genetika, tubuh dipacu untuk memproduksi obat-obat sendiri. Obat-obatan hasil bioteknologi tersebut antara lain humulin untuk diabetes, protopin yang merupakan hormon pertumbuhan untuk memperbaiki anak-anak yang mengalami keterbelakangan pertumbuhan, alfainterferon untuk pengobatan sejenis leukimia, dan sebagainya.

C. Bioteknologi Pertanian
Dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan dunia yang terus meningkat maka produksi makanan secara knvensional tidak dapat memenuhinya, oleh karna itu dicari jalan melalui bioteknologi pertanian yang antara lain :
1) Penggunaan Hormon Pertumbuhan
Penggunaan hormon pertumbuhan yang mengubah tumbuhan dari diploidi menjadi poliploidi sehingga dihasilkan produk yang “raksaksa” misalnya buah tomat, lobak, dll.

2) Kultur Jaringan
Dalam mempercepat pembibitan tanaman, kultur jaringan lebih cepat tiga puluh kali dari pada cara tradisional. Dengan demikian dapat mengatasi keterlambatan dan kekurangan bibit dalam masa tanam dan juga meningkatkan kualitas panen.
 Dalam perbanyakan tumbuhan secara kloning pada tumbuhan hias dan tumbuhan bernilai ekonomi tinggi dapat dilakukan secara besar-besaran dengan kultur jaringan. Untuk perbaikan sifat tumbuhan, maka silang somatik dengan kultur jaringan dapat dibuat keragaman genetik dalam memperoleh tumbuhan yang memiliki sifat unggul. Untik penelitin penyakit tumbuhan, kultur jaringan dapat mengusahakan keragaman yang bebas virus dari tumbuhan yang terserang. Kultur jatingan juga dapat membuat tanaman toleran terhadap stres serta kultur jaringan juga dapat melestarikan plasma nutfa yang disimpan ditempat yang dingin.

3) Rekayasa Genetika
Rekayasa genetika tumbuhan dapat menciptakan tumbuhan yang dapat menciptakan racun sendiri dari insekta yang hendak memakannya.

4. Bioteknologi Perternakan
Para ahli perternakan juga memanfaatkan bioteknologi perternakan, yakni penerapan rekayaa genetika yang melalui dua tahap,yaitu:
1) Untuk memproduksi vaksin dan obat serta hormon pertumbuhan ternak
2) Melibatkan hewan dapat tumbuh lebih cepat dan makannya lebih sedikit, atau menjadi ternak yang lebih unggul.


II. TEKNOLOGI INFORMASI

Ilmu Alamiah Dasar telah memberikan sumbangan yang besar terhadap perkembangan komunikasi dan informasi. Dengan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat maka segala informasi dapat segera disampaikan keseluruh penjuru dunia. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pada masa kini :
1. Percetakan
 Percetakan sebagai alat yang menghasilkan media komunikasi antar manusia. Dengan media massa berupa koran, kini suatu berita dapat diikuti oleh orang banyak dalam waktu yang pendek, meskipun penyebarannya masih tergantung pada alat tranportasi.
2. Telegraf
Telegraf ditemukan sejak abad ke-18. keunggulan telegraf adalah membuat orang dapat berkomunikasi jarak jauh, namun telegraf hanya dapat mengirimkan tanda-tanda yang harus diterjemahkan terlebih dahulu dan kemudian baru dikirim kembali jawaban yang juga harus diterjemahkan lagi.

3. Telepon
Telepon ditemukan oleh Bell pada tahun 1876. keunggulan telepon adalah orang dapat berbicara langsung dan menerima pembicaraan atau jawaban sebagaimana layaknya orang berbicara satu dengan yang lainnya.

4. Radio
Radio dapat mengirimkan pesan-pesan atau informasi tanpa menggunakan kawat seperti telegraf dan telepon. Informasi tersebut dipancarkan melalui pemancar udara dengan demikian orang dapat berkomunikasi walaupun diatas kapal yang tengah berlayar disamudra.

5. Bioskop atau Gambar Hidup
Salah satu alat komunikasi massa yang sangat menggesankan yang menyajikan gambar hidup dan bergerak sehingga pesan yang dikomunikasikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti.

6. Televisi
Televisi ditemukan pada abad ke-20. televisi dapat mengirimkan pesan melalui suara maupun gambar. Dengan televisi orang dapat menggirimkan dan menerima berita yang lengkap, hiburan yang bermutu serta orang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dan penerangan.

7. Satelit Komunikasi
Satelit komunikasi juga stelit (buatan manusia) yang beredar mengelilingi bumi. Dengan adanya satelit komunikasi maka informasi dapat disampaikan dengan lebih efektif dan efisien melalui media yang beragam seperti televisi, radio, telepon, dll. Penyebaran ilmu pengetahuan yang sangat cepat diharapkan dapat menimbulkan saling pengertian antar manusia diseluruh dunia. Untuk negara indonesia yang masih berkembang, satelit komunikasi sangatlah penting.

8. Komputer
Komputer merupakan hasil pengembangan lebih lanjut dari perkembangn listrik (elektronika) dan dari komputer manusia dapat mengembangkan alat-alat lainnya,contohnya :
1)    Telepon Ensiklopedia , 2) Robot pelayanan rumah tangga , 3) Internet , 4) Pusat informatika , 5) Komputer simulasi, 6) Robot pekerja , 7) Komputer analisis
III. TEKNOLOGI KEARIFAN LOKAL (Usaha Manusia Untuk   Masa Depan)

Setelah memahami berbagai aspek Ilmu Pengetahuan Alam terhadap kehidupan manusia, maka ada dua hal yang sangat menonjol yang sangat perlu mendapatkan perhatian dan tindak lanjut. Yang pertama adalah berkenaan dengan ketergantungan manusia terhadap sumber energi minyak bumi dan yang kedua adalah berkenaan dengan akibat negatif yang timbul dari teknologi Ilmu pengetahuan Alam itu sendiri terutama yang menyangkut kadar polusi akibat industri, penyalahgunaan teknologi Ilmu Pengetahuan Alam yang bisa berakibat fatal terhadap kelestarian hidup manusia itu sendiri di bumi kita.
A. Usaha Mencari Sumber Daya Energi non-konvensional

1) Energi Matahari
Matahari merupakan sumber energi yang tidak habis-habis. Kehidupan manusia hampir sepenuhnya berkat energi matahari. Energi matahari pada masa sekarang ini menjadi sangat populer karna teknologi Ilmu Pengetahuan Alam telah mendekati taraf efisiensi penggunaannya.

2) Energi Panas Bumi
Energi panasbumi juga disebut energi geotermal. Bila teknologi Ilmu Pengetahuan Alam semakin maju maka panasbumi juga dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran umat manusia.energi geotermal yang dapat kita manfaatkan saat ini adalah yang beraslal dari magma. Magma adalah batuan cair/ panas yang terdapat dalam kulit/kerak bumi. Sementara itu energi yang kita ambil adalah melalui air atau uap air yang terkena panas magma.

3) Energi Angin
Angin adalah udara yang bergerak. Udara itu dapat bergerak dikarnakan adanya perbedaan tekanan udara. Angin juga dimanfaatkan untuk penggerak perahu layar sehingga dapat menghemat bahan bakar. Energi angin juga dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan generator. Karna sumber energi ini tersedia secara gratis dan angin tetap akan bertiup sepanjang zaman maka energi angin merupakan salah satu potensi penting pengganti minyak bumi.
4) Energi Pasang Surut
Salah satu bentuk energi alami yang terdapat dibumi yang tidak bersumber pada cahaya matahari adalah energi pasang surut. Energi pasang surut ini ditimbulkan oleh daya tarik antara bumi dan bulan. Pada saat air pasang maupun surut dapat dimanfaatkan untuk mengerakan generator listrik. Jelas energi pasang surut tidak ada batasnya selama bulan masih menjadi satelit bumi.

5) Energi Biogas
Yang dimaksud dengan biogas adalah gas yang dihasilkan dari sisa-sisa jasad hidup yang diuraikan oleh bakteri pengurai melalui proses pembusukan/pengguraian. Sebagai bahan dasar proses pembusukan atau penguraian adalah sisa-sisa jasad hidup misalnya seperti sampah pertanian atau kotoran hewan. Kemudian gas yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan rumah tangga maupun industri.

6) Energi Biomassa
Yang dimaksud dengan biomassa adalah segala jasad hidup. Dalam kaitannya dengan energi pengganti ini biomassa yang dapat digunakan ialah berupa sampah-sampah organik misalnya sisa produksi pertanian. Pada hakikatnya biomassa dapat digunakan sebagai bahan bakar dan akan menjadi sangat ekonomis apabila berupa sisa-sisa yang tidak berharga. Biomassa dapat dijadikan energi karna masih menyimoan energi matahari.

B. Usaha Manusia untuk Melestarikan Hidupnya
Usaha manusia untuk mencari energi pengganti minyak seperti yang baru saja kita pelajari itu hanyalah merupakan salah satu cara saja dari manusia untuk dapat mempertahankan aksistensinya yang sangat penting bagi perikehidupan kita sehari-hari. Masalah lain yang juga sangat vital adalah masalah penggunaan teknologi maju yang baru saja kita bicarakan pada pelajaran yang lalu. Sebagai contoh adalah tenaga nuklir yang maha dahsyat itu. Keuntungan memang banyak juga tetapi bahaya nuklir terutama dari bom atom maupun bom hidrogen yang dapat memusnahkan umat manusia beserta isi permukaanbumi ini bukannya di hapuskan tetapi justru malah sebaliknya. Masalah yang juga vital, karena ikut menentukan kelestarian kehidupan manusia di muka bumi ini adalah masalah kependudukan. Betapa tidak, bumi kita hanya satu dan tidak bertambah besar, malah jumlah lahan untuk penghidupan tampaknya makin sempit. Masalah berikut yang sejajar pentingnya dengan masalah kependudukan adalah masalah kelestarian lingkungan hidup. Bahkan beberapa ahli memandang kedua masalah ini sebenarnya satu, yaitu lingkungan hidup itu termasuk kependududkan atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar